Cari Istilah Kamus Lainnya di Cekotechnology?
LIHAT KAMUS

Hacker

Mengenal Istilah Hacker

Pengertian Hacker

Hacker sering kali disamakan dengan Cracker. Meski begitu, terdapat perbedaan antara Hacker dan Cracker. Hacker memodifikasi dan membobol masuk ke jaringan tanpa merusak sistem atau perangkat sedangkan Cracker sengaja membobol keamanan untuk melakukan tindakan destruktif bahkan hingga menghapus data atau mencurinya. Selain itu, terdapat Hacker yang bekerja secara legal. Salah satunya adalah peretas sistem keamanan untuk mengetahui kelemahannya. Maka dari itu, menurut tujuan dari tindakan mereka, Hacker dibedakan menjadi beberapa jenis.

Jenis - Jenis Hacker

1. White Hat Hacker (Peretas bertopi putih)

Peretas bertopi putih adalah pakar keamanan komputer yang meretas sistem untuk mengevaluasi kelemahan guna menyarankan peningkatan sistem. Peretas bertopi putih biasanya bekerja dalam sebuah organisasi, perusahaan, atau sebagai pekerja lepas. Mereka bisa diibaratkan sebagai tokoh ‘Robin Hood’ karena kerap menggunakan teknik ilegal untuk tujuan yang legal atau baik.

2. Blue Hat Hacker (Peretas bertopi biru)

Blue Hat Hacker menggunakan pengetahuan mereka untuk tindakan yang legal. Jika peretas bertopi putih biasanya adalah salah satu anggota organisasi atau perusahaan untuk mendeteksi kelemahan sistem, Blue Hat Hacker dipekerjakan oleh pihak luar. Sebagai contoh, suatu perusahaan membuat suatu sistem operasi. Kemudian perusahaan tersebut bekerja sama dengan pihak luar untuk menemukan titik lemah mereka. Pihak luar yang dimaksud adalah Blue Hat Hacker.

3. Black Hat Hacker (Peretas bertopi hitam)

Peretas jenis ini sangat berbeda dengan kedua jenis di atas. Peretas bertopi hitam hanya menggunakan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk melakukan aktivitas yang ilegal. Aktivitas tersebut adalah:

  • Mencuri data, identitas, atau uang korban.
  • Meretas sebuah sistem untuk membuktikan diri atau sebagai hiburan semata.
  • Menyebarkan berbagai jenis Malware.
  • Memata-matai individu, perusahaan atau bahkan sebuah negara untuk mendapatkan data rahasia.
  • Meretas perangkat lunak untuk digunakan secara ilegal.
  • Menguntit orang lain.

Tak hanya meretas, Black Hat Hacker juga dapat melakukan rekayasa sosial untuk mencapai tujuan mereka. Sehingga tanpa disadari, Anda akan memberikan akses melalui tautan atau aplikasi unduhan. Peretas bertopi hitam adalah jenis Hacker yang perlu diwaspadai.

4. Script Kiddies (Peretas junior)

Script Kiddies adalah peretas yang hanya bisa menggunakan skrip yang dikembangkan orang lain untuk merusak perangkat digital. Peretas biasanya meremehkan Script Kiddies karena tidak menggunakan alat buatan sendiri untuk meretas. Meski begitu, tindakan yang dilakukan Script Kiddies tetap dapat merusak dan merugikan orang lain. Hacker jenis ini kerap ditemukan dalam komunitas gim.

5. Grey Hat Hacker (Peretas bertopi abu-abu)

Peretas bertopi abu-abu memiliki posisi diantara topi hitam dan putih. Mereka biasanya meretas untuk tujuan yang lebih pragmatis atau egois ketimbang demi pengembangan sistem keamanan. Grey Hat Hacker bertindak secara tidak etis dan ilegal namun mereka tidak terlibat dalam aktivitas kriminal seperti Black Hat Hacker. Misalnya, mereka menemukan celah dan sengaja meretas sistem keamanan. Kemudian memberitahu pemilik celah tersebut namun hanya akan memperbaiki kerusakan yang mereka perbuat apabila menerima imbalan.

6. Red Hat Hacker/ Hacktivist (Hacktivism)

Red Hat Hacker atau yang biasa dikenal sebagai Hacktivism adalah peretas yang melakukan tindakan dengan tujuan menyampaikan pesan politik, ideologis, sosial, atau agama. Mereka juga biasanya mengungkap informasi rahasia dengan berbagai alasan seperti mendukung kebebasan informasi, membuat pernyataan, dan lainnya. Hacktivism juga dapat menjadi bagian dari kampanye yang lebih luas dan biasanya merupakan proses lebih lanjut dari suatu tindakan. Contoh aktivitas hacktivism yang terkenal yaitu WikiLeaks, gerakan Anonymous, dan lain-lain.

Berdasarkan pengertian Hacker dan jenisnya, peretas menggunakan pengetahuan mereka untuk menyusup masuk ke jaringan atau sistem, namun jenis mereka beragam tergantung tujuannya. Tidak semua tindakan mereka bersifat ilegal, ada pula yang legal dan bahkan dilindungi oleh negara. Lalu, apa itu peretasan legal dan ilegal? Apa yang membedakannya?

Cari Istilah Kamus Lainnya di Cekotechnology?
LIHAT KAMUS
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram