Cari Istilah Kamus Lainnya di Cekotechnology?
LIHAT KAMUS

Addon Domain

Mengenal Istilah Addon Domain

Pengertian Addon Domain

Add-On Domain artinya penambahan nama domain yang diarahkan ke sub-direktori sebuah nama domain utama. Misalnya kita mempunyai sebuah nama domain yaitu wuzzhosting.com, kita bisa Add-on namadomainbaru.com dan diarahkan untuk menampilkan apa saja yang hanya ada di folder wuzzhosting.com/namadomainbaru/.

Saat http://namadomainbaru.com diakses melalui internet, pengunjung tidak akan merasakan adanya perbedaan,namadomainbaru.com akan tampil layaknya seperti nama domain biasa bagi pengunjung. Apa yang ditampilkan sebenarnya berada di wuzzhosting.com/namadomainbaru/index.html. Add-On Domain pun dengan sendirinya akan menjadi subdomain dari domain utama tersebut, yaitu namadomainbaru.wuzzhosting.com.

subdomain maupun add-on domain tidak terpisah dari nama domain utama, sehingga saling berbagi (share) dengan domain utama dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwith & cPanel. kita tidak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan, semua diatur dalam satu cPanel main account (contoh: dalam cPanel wuzzhosting.com). Pembuatan FTP account & Email Account untuk namadomainbaru.com dapat dilakukan di cPanel wuzzhosting.com

Kesimpulan

Sub Domain dan Add-on Domain tidak mendapat cpanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan nama domain / account biasa.

Add-on Domain bisa diakses dengan 3 cara, dan untuk contoh di atas yaitu:

  1. http://namadomainbaru.com/ (Langsung)
  2. http://namadomainbaru.wuzzhosting.com (Sub Domain)
  3. https://wuzzhosting.com/namadomainbaru/ (Directory)

Dan umumnya cara 2 dan 3 secara otomatis menjadi domain redirect ke alamat utama.

Cari Istilah Kamus Lainnya di Cekotechnology?
LIHAT KAMUS
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram